10 Trik Mengatur Keuangan Ala Anak Kos, Akhir Bulan Masih Makan Enak..?

10 Trik Mengatur Keuangan Ala Anak Kos, Akhir Bulan Masih Makan Enak..?

 Anak kos tanggal tua


Bagi kalaian anak kos, tentu telah merasakan hidup jauh dari orang tua dan sudah mulai hudup mandiri, Tidak sedikit anak kos yang susah mengatur keuangan, Apalagi kalau kita masih berstatus mahasiswa/siswa dan belum berpenghasilan cuman mengharapkan kiriman bulanan dari orang tua.

Trik mengatur keuangan sangat penting anak kos ketahui, untuk bertahan diperantauan. Tak peduli berapa banyak uang bulanan yang diterima, tetap tak akan CUKUP, jika tidak bijak mengunakannya.

Blom lagi harga bahan pokok makanan lebih tinggi didaerah kos teman-teman tentunya uang akan cepat terkuras dari ATM. Dan semakin terasa berat jika teman-teman tidak kuat menahan godaan gayo hidup yang tak sesuai dengan saldo rekening teman-teman. Kalau sudah begitu biasanya dipenghujung bulan akan terasa tidak nikmatnya jadi anak kos, Disitulah pada umumnya anak kos banyak mengeluh karna saldo rekening sudah NUUL.

Jika teman-teman seperti itu maka teman-teman harus memperaktekkan 10 TRIK MENGATUR
 KEUANGAN ALA ANAK KOS


1. Rencanakan Keuagan 
setiap awal bulan teman-teman harus membuat anggara keuagan dengan cermat, seperti membeli beras untuk 1 bulan, telor satu papan, minyak makan, gas, ikan teri, ikan asin, terasi, teman beli terlebih dahulu barang yang tidak mudah busuk, sisianya seperti tomat, cabe, bawang, sejenis itu teman-teman belinya perminggu aja biar tidak membusuk.

2. Masak Sendiri
jika teman-teman ingin hemat teman-teman harus masak sendiri karena pengalaman saya pribadi masak sendiri lebih lemat 3X lipat dibandingkan dengan kita makan diwarung.

3. Kurangi Nongkrong GAK jelas
Biasanya anak kos sering nogkrong di KF, atau WARKOP, Untuk menghemat keuangan teman-teman harus kurangai kebiasan itu karna kebiasa itu dapat membuat teman-teman menderita di akhir bulana nanti.

4. Manfaatkan Fasilitas Umum
bagi teman-teman mahasiswa, fasilitas kampus janganlah disiasiakan. saat dikampus gunakanlah wifi kampus, kerjakanlah tugas kuliahmu di perpustakan, gunakan angkutan umum seperti trans tentu itu jauh lebih murah dibandingkan membeli kendaraan pribadi.

5. Jangan Banyak Mengantongi Uang
Bawalah uang secukupnya, besar kemungkinan teman-teman akan sedikit boros jika mengantongi uang lebih, dengan membawa uang pas/secukupnya teman-teman akan lebih hemat.

6. Kumpulkan Uang Receh
Tak jarang kita sering mengabaikan uang receh yang terletak di meja hingga lantai kamar, padahal, jika dikumpulkan uang receh itu bisa menyelamatkan kelaparan diakhir bulan.

7. Biasakan Mencuci Pakayan Sendiri
Dengan mencuci pakayan sendiri dapat menghemat uang pengeluaran, kita cukup membeli deterjen.

8. Kurangi Berkunjung Ke Wisata/liburan
Ingat kita lagi menuntut ilmu bukan lagi bersenag-senang oleh karena itu jangan ikuti fans, selebgram yang poto-poto ditempat indah semua itu membutuhkan biaya.

9. Utamakan Kebutuhan
Usahakan jangan membeli barang yang manfaatnya tika terlalu penting, Utamakanlah kebutuhan daripada keinginan.

10. Jangan Memelihara Hewan
Pengalaman saya, Saya seorang anak kos yang pernah memelihara seekor burung, burungnya makan saya harus puasa, saya makan burungnya yang puasa, sangat romatis bukan wkwkwkkwwkwkw.


Terakhir, Jangan lupa, bukan seberapa banyak uang yang didapat, tapi seberapa cerdas mengatur uang yang dimiliki, Semoga bermanpaat.!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Trik Mengatur Keuangan Ala Anak Kos, Akhir Bulan Masih Makan Enak..?"

Post a Comment