Etika Berintraksi Di Media Sosial

ETIKA BERINTRAKSI MEDIA SOSIAL


Dalam berintraksi di Media Sosial juga harus diperhatikan etika-etika sehingga pengguna Media Sosial tidak menjurus kepada hal-hal yang negatif. Berikut beberapa hal harus disindari di Media Sosial:

1. Hindari Menyinggung SARA( suku, agama, ras, & antar golongan )
       Pastikan Anda jangan pernah menulis hal-hal ang menyinggung suku, ras, dan agama.
Selain sensitif, hal ini juga bisa memicu perdebatan bahkan peperangan.

2. Hindari Menggunakan Kata Kasar.
    Tutur bahasa yang biak akan membuat ornag lain simpati dengan Anda. Bila Anda sering posting kata-kata kasar di sosial media, bisa-bisa Anda dinilai negatif bahkan dihapus oleh teman-teman sosial media Anda karena kelakuan Anda tidak menyenangkan.

3. Hindari Mentyindir/ Menghina (Bulying)
    Bila Anda memiliki masalah dengan seseorang, sebaiknya bicarakan langsung ke orang yang bersangkutan. Menyindir melalui jejaring sosial, bisa-bisa malah Anda yang terlihat jelek di mata orang bahkan terjerut hukum. Sudah banyak kasus penghinaan atau lebih dikenal dengan bulyiding di sosial media yang harus berusaha dengan hukum.

4. Hindari Mengeluh Di Sosial Media
Hindari sering menulis curhatan galau tidak jelas di jejaraing sosial. Memangnya     kenapa? Selain memperlihatkan ketidakdewasaan Anda dalam bersikap, apa yang Anda posting bisa menjadi penilaian buruk tentang keperibadian anda dan anan di anggap orang yang ceppat menyerah dan putus asa.
  
5. Hindari Menggunakan Foto Yang Tidak Pantas
        Jangan pernah menggunakan poto-poto yang tidak pantas Apalagi menggunakan foto-foto sensual pribadi milik Anda (dan pasangan) akibat Sangat fatal. Tidak mau kan kalau foto anda jadi disalahgunakan oleh pihak lain untuk hal-hal negatif? Bisa-bisa Anda mendapat lebel negatif dairi follower. 

6. Hindari LIKE, SHARE & KOMENTAR sembarangan. 
        Jika anda menemukan postingan yang menjelekkan orang lain atau isu yang tidak jelas sumbernya atau bahkan postingan yang bersifat provakatif sebaiknya abaikan saja jangan dilike atau dikomen apalagi disharing karna jika anda melakukan berarti anda telah ikut andil dalam mempopulerkan postingan tersebut. Jika anda ingin melakukan sharing terhadap sebuah postingan pastikan sulu kebenarannya dari berita tersebut.


  



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Etika Berintraksi Di Media Sosial"

Post a Comment