Pengertian menu di microsoft word dan Pungsinya

Pengertian menu-menu di microsoft word dan Pungsinya














Di Artikel kali ini saya akan menjelaskan pungsi menu-menu di MS WORD 2013.
jumalah menu yang ada di Microsoft Word ada 7 menu, menu apa sajakah?..

Menu Home
Menu Insert
Menu Page layout
Menu References
Menu Mailings
Menu Review
Menu View

Saya akan jelaskan satu  persatu pungsi menu yang ada di atas:

MENU HOME


A. Clipbord , terdiri dari:

cut : berfungsi untuk memindahkan karakter ketempat lain
copy : berfungsi untuk menduplikat karakter keposisi lain
format painter: berfungsi untuk meng-copy format ketempat lain
paste: berfungsi untuk untuk menampilkan hasil dari cut dFFan copy

B. Font
font stily : berfungsi untuk menentukan jenis huruf
font size : berfungsi untuk menentukan ukuran huruf
grow font: berfungsi untuk membuat tulisan di perbesar
shrink font : berfungsi untuk membuat tulisan di perkecil
Change Case : berfungsi untuk mengubah teks secara kapital atau huruf kecil
Clear Formating : berfungsi untuk menghapus semua format pada sebuah tulisan.
Itali :berfungsi untuk memiringkan tulisan
Bold : berfungsi untuk mempertebal texs
Underline : berfungsi untuk membuat text bergaris bawah.
Strikethrough : berfungsi untuk membuat tanda garis ditengah text.
Subscript :berfungsi untuk membuat karakter lebih kecil dan bertempat bawah seperti pemangkatan.
Superscript : berfungsi untuk membuat karakter lebih kecil dan bertempat diatas seperti pemangkatan..
Text Effect : berfungsi untuk memberi efek atristik pada teks yang dipilih..
Text Highlight Color : berfungsi untuk memberikan latar warna pada text yang dipilih
Font Color : berfungsi untuk mengubah warna dari text.

C. Paraggraf
Bullets : berfungsi untuk memberi tanda bullet pada paragraf yang dipilih.
Numbering : berfungsi untuk memberi penomoran pada paragraf yang dipilih.
Multilevel list : berfungsi untuk membuat list tingkatan pada setiap number
Decrease indent : berfungsi untuk mengurangi tata letak dengan menggeser text ke kiri
Increase indent : berfungsi untuk menambah tata letak degan menggeser text ke kanan
Sort : berfungsi untuk untuk mengurutkan data
Show paragraph marks : berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan tanda paragraf.
Align text left: berfungsi untuk membuat paragraf rata kiri.
Align text centre: berfungsi untuk membuat paragraf rata tengah..
Align text right: berfungsi untuk membuat paragraf rata kanan
Justify: berfungsi untuk membuat text rata kanan-kiri
Line and Paragraph spacing: berfungsi untuk untuk mengatur jarak dari antar baris text..
Shading : berfungsi untuk mengatur warna background text yang terpilih..
Border : berfungsi untuk membuat garis tepi pada text yang dipilih.

D. Styles
Heading styles: berfungsi untuk memberikan tipe-tipe text yang dapat dipilih
Change styles : berfungsi untuk pengatur tema paragraf

E. Editing
Find : berfungsi untuk mencari text yang ingin dicari dalam dokumen sesuai input yang dibuat.
Replace : berfungsi untuk mencari dan mengganti text tertentu sesuai input yang sudah dibuat.
Select : berfungsi untuk memilih objek atau text yang dipilih.

MENU INSERT

A. Pages,
Cover pages : berfungsi untuk membuat jenis halaman gambar depani.
Blank page : berfungsi untuk membuat page kosong yang baru.
Page break : berfungsi untuk memisahkan suatu halaman dokumen

B. Table
Insert table : berfungsi untuk memasukkan table.
Draw table : berfungsi untuk menyisipkan table dengan cara melukisnya di dokumen
Convert text to table : berfungsi untuk menjadikan text tertentu berada di alam table..
Excel spread sheet : berfungsi untuk menyisipkan table dalam bentuk lembar kerja excel.

C. Illustrations
Picture : berfungsi untuk menyisipkan gambar ke dokumen di komputer.
Clip art : berfungsi untuk menyispikan gambar yang sudah disediakan oleh program
Shapes : berfungsi untuk untuk menyispikan gambar dalam bentuk bagunan “ balok “.
Smartart : berfungsi untuk menyisipkan gambar dalama bentuk organisasi
Chart : berfungsi untuk menyisipkan diagram.
creenshoot : berfungsi untuk mengambil gambar dari layar.

D. Links
Hyperlink: berfungsi untuk membuat tautan pada teks
Bookmark : berfungsi untuk memberi tanda pada halaman
Cross-reference : berfungsi untuk membuat refrensi antar file.

E. Hader dan footer
Header : berfungsi untuk mengatur bagian atas dalam dokumen
Footer : berfungsi untuk mengatur bagian bawah dalam dokumen.
Page number : berfungsi untuk mengatur halaman pada dokumen.

F. Styles
Text box : berfungsi untuk menyisipkan box dengan diisi text.
Quick parts : digunakan untuk mengatur text secara otomatis
Wordart : berfungsi untuk menyisipkan text bergaya artistik.
Dropcap : berfungsi untuk membuat huruf dari awalan paragraf lebih besar
Signature Line : berfungsi untuk menyisipkan tanda tangan secara digital
Date & time : berfungsi untuk menyisipkan tangal dan waktu terkini.
Object : digunakan untuk menyisipkan objek

G.Symbols
Equation : berfungsi untuk menyisipkan simbol-simbol dalam bidang matematika dan sains. ii.
Symbol : berfungsi untuk menyisipkan karakter khusus.

MENU PAGE LAYOUT

A. Themes
Themes : berfungsi untuk membuat tampilan tema pada Microsoft lebih menarik
Colors : berfungsi untuk membuat warna themes menjadi sesuai warna yang kia pilih.
Fonts : berfungsi untuk memilih font yang kita inginkan dalam themes
Effects : berfungsi untuk memberi efek pada gambar yang akan muncul di themes tersebut.

B. Page setup
Margins : berfungsi untuk menentukan ukuran dari masing-masing margin.
Orientation : berfungsi untuk mengubah orientasi lembar kerja
Size: digunakan untuk mengatur ukuran dari kertas.
Colomns : berfungsi untuk membuat page yang dipilih berkolom
Breaks : berfungsi untuk mengatur tampilan halaman pada dokumen..
Line numbers : berfungsi untuk mengatur penomoran dalam dokumen
Hyphenation : berfungsi untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis atau secara manual

C. Page Background
Watermark : berfungsi untuk menambah watermark ke latar belakang dokumen
Page color : berfungsi untuk mengubah warna latarbelakang dokumen.
Page borders : berfungsi untuk menambah perbatasan pada dokumen

D. Paragraph
Left : berfungsi untuk menentukan batas indent kiri pada paragraf
Right : berfungsi untuk menentukan batas indent kanan pada paragraph
Before : berfungsi untuk membuat jarak antar baris sebelum baris yang dipilih.
After : berfungsi untuk membuat jarak antar baris sesudah baris yang dipilih.

E. Arrange
Position : berfungsi untuk menentukan posisi gambar
Wrap text : berfungsi untuk memberi posisi gambar sesuai keinginan kita.
Bring forward : berfungsi untuk membuat gambar ke depan
Send backward : berfungsi untuk membuat gambar ke belakang
Selection Pane : berfungsi untuk membuat seleksi pada gambar
Align : berfungsi untuk membuat gambar rata kiri/kanan/tengah.
Group : berfungsi untuk menyusun beberapa gambar menjadi sebuah grup gambar
Rotate :berfungsi untuk memutar gambar

Menu References


A. Table Of Contents
Table of contents : digunakan untuk membuat daftar isi.
Add text : berfungsi untuk mengelolah paragraf yang digunakan untuk dapat dikaitkan dengan daftar isi yang dibuat.
Update table : berfungsi untuk memperbarui daftar isi.

B. Footnotes
Insert footnote : berfungsi untuk menyisipkan catatan di bawah dokumen
Next footnote : berfungsi untuk menuju ke footnote selanjutnya atau endnote.
Insert Endnote : berfungsi untuk menyisipkan suatu informasi yang terdapat pada dokumen
Show notes : berfungsi untuk menampilkan lokasi catatan footnote ataupun endnote

C. Citations & Bibliography
Insert citation : berfungsi untuk menyisipkan kutipan langsung pada text..
Manage sources : berfungsi untuk mengelolah segala sumber kutipan yang mungkin disisipkan.
Sytle : berfungsi untuk memilih bibliography yang diinginkan..
Bibliography : berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen.

D. Captions
Insert caption : berfungsi untuk membuat keterangan pada gambar atau ilustrasi yang disisipkan
Insert table of figures : berfungsi untuk memasukan daftar isi dari gambar yang disisipkan.
Update table : berfungsi untuk memperbarui daftar isi table gambar yang sudah ada..
Cross-reference : berfungsi untuk menyisipkan refrensi dengan tanda silang.

E. Index
Mark entry : berfungsi untuk menandai adanya masukan baru dalam dokumen.
Insert index : berfungsi untuk menyisipkan data index dalam dokumen.
Update index : berfungsi untuk memperbarui daftar index yang telah ada.

F. Table Of Authorities
Mark citation : berfungsi untuk menandai kutipan pada text.
Insert table of Authorities : berfungsi untuk membuat daftar dari nama-nama pengarang.
Update table : berfungsi untuk memperbarui table of authorities
. Labels : berfungsi untuk membuat alamat atau tulisan pada amplop tersebut

G. Start Mail Marge
Start mail marge : berfungsi Untuk membuat mail dengan lebih dari satu.
Select Recipents : berfungsi untuk memilih peserta mail.

Menu Mailings


A. Create
Envelopers : berfungsi untuk membuat amplop.
Edit recepients list : berfungsi untuk mengedit daftar peserta mail

B. Write & Insert Fields
Highlight merge fields : berfungsi untuk membuat efek stabilo pada text.
Addres block : berfungsi untuk membuat balok pada bagian alamat..
Greeting line : berfungsi untuk menyisipkan kalimat pembuka dalam surat.
Insert merge field : berfungsi untuk membuat tempat baru bagi bagian mail yang baru
Rulers : berfungsi sebagai penggaris yang digunakan untuk memberi tahukan jarak
Match fields : berfungsi untuk menyamakan daftar dalam mail.
Update labels : berfungsi untuk membarui isi dari label

C. Preview Result.
Preview Result : berfungsi untuk melihat amplop sebelum dicetak.
Find recipient : berfungsi untuk mencari letak dari salah satu peserta.
Auto check for error : berfungsi untuk mencek setiap kalimat yang ada dengan tata penulisan sebuah bahasa

D. Finish
Finish & Marge : berfungsi untuk mencetak atau mengirim semua mail.

Menu Review

A. Proofing 
Spelling & Grammar : berfungsi untuk mengecek segala penulisan tata bahasa pada dokumen..
Research : berfungsi untuk mencari sebuah kalimat dalam sebuah buku
Thesaurus : berfungsi untuk melihat rincian kata pada dokumen..
Word count : berfungsi untuk menghitung semua kata yang terdapat dalam dokumen..
B. Language
Translate : berfungsi untuk mengubah sebuah kata atau kalimat ke bahasa lain.
Language : berfungsi untuk mengatur dalam grammar dokumen.
C. Comments
New Comment : berfungsi untuk membuat komentar baru pada sebuah kata
Delete : berfungsi untuk menghapus komentar yang terdapat pada sebuah kata.
Previous : berfungsi untuk melihat komentar sebelumnya.
Next : berfungsi untuk melihat komentar sesudahnya.
D. Tracking
Track Changes : berfungsi untuk membuat kita dapat mengetahui dokumen yang pernah diubah
Show Markup : berfungsi untuk melihat secara keseluruhan pada dokumen yang diedit.
Reviewing Pane : berfungsi untuk melihat semua perubahan yang pernah ada
E. Changes
Accept : berfungsi untuk membuat perubahan yang pernah disuting oleh orang lain
Reject : berfungsi untuk menolak perubahan oleh orang lain
F. Compare
Compare : berfungsi untuk membandingkan dua versi dokumen, sesudah di-suting maupun yang belum.
G. Grup Protect
Block Authors : berfungsi untuk menghapus nama pengarang
Restrict Editing : berfungsi untuk membuat orang lain merasa terbatas mengedit dokumen

H. OneNote
Linked Notes : berfungsi untuk menghubungkan dokumen dengan tampilan Microsoft Office.

Menu View

A. Document View
Print Layout : berfungsi untuk melihatkan tampilan dokumen yang akan dicetak
Full Screen Reading : berfungsi untuk membuat dokumen full layar
Web Layout : berfungsi untuk memberi tampilan dokumen dengan bentuk web.
Outline : berfungsi untuk memberi tampilan outline
Draft : berfungsi untuk memberi tampilan seperti draft
B. Show
Ruler : berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan alat bantu penggaris.
Gridlines : berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan alat bantu berupa kotak-kotak.
Navigation Pane : berfungsi untuk menampilkan dan menyembunyikan alat bantu berupa arahan dalam mengerjakan dokumen.
C. Zoom
Zoom : berfungsi untuk menampilkan dokumen sesuai ukuran yang dipilih
One page : berfungsi untuk menampilkan dokumen satu..
Tow pages : berfungsi untuk manampilkan dokumen dua-dua.
Page width : berfungsi untuk menampilkan lebar dari dokumen yang kita buat.
D. Window
Window : berfungsi untuk menambah tampilan window baru.
Arrange All : berfungsi untuk menyusun beberapa windows yang ada menjadi teratur
View side by side : berfungsi untuk menampilkan windows secara bersebelahan
Synchronous Scrolling : berfungsi untuk mempermudah dalam meng-switch windows.
Reset window positions : berfungsi untuk mengatur ulang ukuran atau letak window..
Switch windows : berfungsi untuk mengganti tampilan pada windo
E. Macros
macros : berfungsi untuk menambah sebuah filtur yang berkala besar


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian menu di microsoft word dan Pungsinya"

Post a Comment